Sejarah Musik

Sejarah Musik

 

Sejarah Musik, dari kemarin saya bicara tentang genre-genre atau jenis musik nya, sekarang mau coba bahas sejarah musik itu sendiri, berbicara soal musik nih sob, musik memang sepertinya sudah menjadi bagian dari hidup setiap orang. Karena mungkin dari mendengarkan dan bermain musik seseorang bisa menyalurkan berbagai ekspresinya. Tapi apa semuanya sudah tahu sejarah musik itu seperti apa? Nah disini kita bakal bahas sejarah musik itu perjalanannya seperti apa, simak baik-baik ya sob!

SEJARAH MUSIK

Sejarah musik mungkin sudah dikenal sekitar 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu, di zaman itu mungkin musik digunakan untuk memberikan tanda bahaya dan memberikan nama-nama hewan. Di kehidupannya yang berpindah-pindah orang-orang zaman dulu mungkin mendapat inspirasi untuk mengambil tulang kering kaki hewan buruan mereka, kemudian meniupnya hingga mengeluarkan bunyi. Mungkin ada juga yang terinspirasi dari alam dengan meniup rongga kayu atau bambu hingga mengeluarkan bunyi dan jadilah suling purba. Itu mungkin sejarah musik di zaman prasejarah yang ditemukan oleh beberapa arkeolog.

SEJARAH MUSIK – Zaman Abad Pertengahan

Sejarah musik berlanjut ke zaman abad pertengahan, zaman abad pertengahan adalah zaman antara berakhirnya kerajaan romawi (476M) sampai dengan zaman reformasi agama kristen oleh Marthin Luther (1572M), sejarah musik di zaman ini berkembang akibat terjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat, sehingga munculnya penemuan-penemuan baru dalam segala bidang. Termasuk dalam kebudayaan musik yang tidak dititik beratkan pada kepentingan keagamaan saja tapi juga dipergunakan untuk hiburan.
Sejarah musik kemudian berkembang dengan adanya perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik yang dikembangkan oleh Guido d’ Arezzo (1050M), di Eropa Barat sejarah musik berkembang menggunakan beberapa suara, dan Paus Gregorius menyempurnakan musik Greogrian. Pelopor musik di zaman pertengahan seperti Gullanme Dufay dari Perancis dan Adam de la halle dari Jerman.

SEJARAH MUSIK – Zaman Renaisance

Sejarah musik berlanjut ke zaman Renaisance, zaman ini adalah zaman setelah abad pertengahan. Renaisance sendiri artinya lahirnya kembali tingkat kebudayaan tinggi yang telah hilang di zaman Romawi. Di zaman ini musik dipelajari dengan ciri-ciri yang khusus seperti nyanyian percintaan atau nyanyian keperwiraan.
Di zaman ini musik gereja mengalami kemunduran. Sejarah musik di zaman ini mulai mengenal alat musik seperti piano atau pun organ dan lahirlah musik instrumental, sejarah musik di zaman ini kemudian berkembang menuju seni opera. Opera sendiri yaitu sandiwara yang di iringi dengan iringan musik disertai oleh para penyanyi nya. Beberapa komponis muncul di zaman ini seperti Giovanni Gabrieli dari Italia, Galilei dari Italia, Claudio Monteverdi dari Venesia dan Jean Baptiste Lully dari Perancis.

SEJARAH MUSIK – Zaman Musik Barok dan Rokoko

Sejarah musik kemudian berlanjut dengan munculnya aliran-aliran musik baru, diantaranya aliran Barok dan Rokoko. Kedua aliran ini hampir sama, yaitu menggunakan pemakaian Ornamentik (hiasan musik). Namun, yang menjadi perbedaannya adalah musik Barok memakai ornamentik yang disertai improvisasi spontan oleh para pemain, sedangkan musik rokoko memakai semua hiasan ornamentik. Komponis-komponis musik Barok dan Rokoko seperti Johan Sebastian Bach, karya-karyanya sangat indah dan terkenal seperti St. Mathew Passion, Misa dalam B minor, 13 konser piano dengan orkes dan 6 buah Konserto Brandenburg. Gubahan-gubahannya sendiri mendasari musik modern. Sebastian Bach menciptakan musik Koral (musik untuk Khotbah Gereja) dan juga menciptakan lagu-lagu instrumental. Di akhir hidupnya Sebastian Bach menjadi buta dan meninggal di Leipzig. Komponis lain yang lahir dari musik Barok dan Rokoko adalah George Fredrick Haendel, hasil ciptaannya yang terkenal adalah Messiah, Water Music dan Fire Work music. Water Music dan Fire Work Music merupakan karya orkestranya yang paling terkenal. Fredrick Haendel kemudian meninggal di London.

SEJARAH MUSIK – Zaman Musik Klasik

Sejarah musik kemudian berlanjut ke sejarah musik klasik yang lahir setelah berakhirnya musik Barok dan Rokoko. Ciri-ciri musik klasik adalah penggunaan dinamika dari keras menjadi lembut, perubahan tempo Accelerando (semakin cepat) dan Ritarteando (semakin lembut), pemakaian ornamentik dibatasi dan juga pengguanan accord 3 nada. Komponis yang lahir dari musik klasik seperti Frans Joseph Haydn dari Austria. Dalam sejarah musik Joseph Haydn dianggap sebagai bapak Simphony yang mewujudkan bentuk orkes dan kuartet seperti yang sekarang kita kenal. Musisi lainnya adalah Wolfgang Amandeus Mozart yang lahir di austria juga. Permainan musik dari wolfgang sangat menakjubkan sehingga ia dijuluki anak ajaib. Namun, meskipun ia memperoleh banyak kesuksesan, wolfgang sangat miskin. Wofgang meninggal di wina dalam usia 35 tahun dan dikuburkan di pekuburan fakir miskin. Karya-karya wolfgang yang terkenal adalah Requim Mars, 40 buah Simponi, Opera Don Geovani, Kuintet Biola Alto, dan Konserto Piano.

SEJARAH MUSIK – Zaman Musik romantik

Sejarah musik kemudian masuk ke Zaman Romantik antara tahun 1820 sampai 1900. Musik Romantik sangat mementingkan perasaan yang subjektif. Musik bukan hanya dipergunakan untuk nada-nada tapi digunakan juga untuk mengungkapkan perasaan. Dalam musik Romantik dinamaika dan tempo banyak digunakan. Komponis yang lahir di zaman ini seperti Ludwig Van Beethoven dari jerman. Ia menamakan dirinya sebagai pujangga nada. Di usia 17 tahun beethoven pergi ke Wina untuk menemui Wolfgang Mozart. Mozart memberikan beethoven bimbingan musik, sehingga beethoven menjadi komponis yang berbakat. Di usia 50 tahun beethoven mengalami gangguan pendengaran, yang dimana saat ciptaannya Ninth Symphonies lahir, beethoven tidak bisa medengarkannya. Karya-karyanya yang terkenal antara lain 5 buah sonata cello dan piano, 9 buah symphony dan 32 sonata piano. Musisi lainnya adalah Franz Peter Scubert dari Austria. Schubert mempunyai suara yang merdu dan menjadi penyanyi paduan suara Imperial Choir. Kemudian ia memperdalam pengetahuan musiknya dalam bidang komposisi. Disaat meninggal schubert tidak dikenal banyak orang dan berpesan untuk dimakamkan dekat makam beethoven. Karya-karyanya antara lain Ave Maria, The Erl King, Antinghed Symphony, Gretchen At The Spining Sheel dan The Wild Rose. Musisi lain yang lahir di zaman Romantik juga seperti Francois Fredrick Chopin dari Polandia, Robert Alexander Schumann dari Jerman dan Johanes Brahms dari Jerman.

SEJARAH MUSIK – Zaman Music Modern

Sejarah musik kemudian berlanjut ke Zaman Modern yaitu dari tahun 1900 sampai sekarang. Musik di zaman ini musik tidak mengakui adanya hukum dan peraturan, karena kemajuan ilmu dan teknologi sehingga musik digunakan untuk mengungkapkan sesuatu dengan bebas. Komponis yang lahir di zaman ini antara lain Claude Achille Debusse dari Perancis, Bella Bartok dari Hungaria, Maurice Ravel dari Perancis, Igor Fedorovinsky dari Rusia dan Edward Benyamin Britten dari Inggris. Sejarah musik di zaman ini juga berkembang, menjadikan musik ke beberapa jenis musik.

SEJARAH MUSIK

Ternyata sejarah musik memang memiliki perjalanan yang panjang. Tapi bagi kita yang sering mendengarkan musik setidaknya kita harus tahu sejarah musik itu sendiri, apalagi untuk para pemusik harus mengetahui akar-akar musik yang ia mainkan.

SEJARAH MUSIK

Itulah tadi cerita tentang sejarah musik. Semoga tulisan sejarah musik ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca, niatnya sih saya bakal terus update artikel tentang sejarah musik , so tongkrongin aja terus buat yang suka baca sejarah musik. Sekian dan terima kasih telah membaca tulisan saya tentang sejarah musik.

5 Replies

  1. Sari Mega Simanungkalit Reply

    permisi,,
    saya mau bertanya,,
    'bagaimana pementasan seni pada zaman batu dan logam"
    Terimakasih,,

Reply