Sejarah Musik Yunani Kuno

Sejarah Musik Yunani Kuno

Sejarah Musik Yunani Kuno, berbicara tentang sejarah musik pasti tidak boleh ketinggalan tentang sejarah musik Yunani kuno. Dilihat dari musik memang seringkali di sangkut pautkan dengan musik yang ada di masa lalu seperti musik Asia, Musik Persia, Musik Arab, Musik India, Musik Romawi, Musik Mesopotamia, Musik Mesir dan juga tentang musik yang akan kita bahas sekarang yaitu Musik Yunani Kuno. Jadi mendingan langsung aja kita bahas sejarah musik Yunani kuno tersebut sob.

Sejarah Musik Yunani Kuno

Dalam sejarah musik Yunani kuno dapat dikatakan bahwa orang Yunani menggunakan musik di saat mereka menyembah dewa atau pun dewi mereka. Selain itu, musik juga merupakan bagian dari kehidupan sosial orang Yunani, yang juga dapat berarti bahwa musik akan hadir di setiap jenis acara sosial mereka. Dilihat dari hal lain memang sejarah dari Yunani sendiri penuh dengan kejayaan baik dibidang penemuan atau pun peradaban rakyatnya. Perkembangan musik di Yunani juga berkembang dengan sangat baik. Dalam sejarah musik Yunani kuno, dapat dikatakan bahwa musik Yunani sangat mempengaruhi perkembangan musik di seluruh dunia. teori dari musik Yunani mempelopori adanya musik keagamaan di dunia barat dan juga musik-musik klasik.

Sejarah musik Yunani berlanjut, di masa lalu, musik di Yunani digunakan untuk hiburan, perayaan rakyat dan juga kegiatan keagamaan. Dalam peradaban masyarakat Yunani musik sangatlah penting, dalam sejarah musik Yunani kuno, musik merupakan sebuah mata pelajaran yang sangat wajib dan penting, dimana saat itu para pria Yunani kuno sudah diajarkan tentang musik mulai dari usia 6 tahun.

Contoh nyata dari sejarah musik Yunani kuno adalah musik rakyat yang terbagi menjadi lagu Acritik dan lagu lagu Klephtic. Musik akritic berasal dari Akrities, yaitu seorang penjaga perbatasan dari kerajaan Byzantine. Dan perkembangan dari musik klephtic dimulai setelah berakhirnya era kerajaan Byzantine dan juga sesaat sebelum revolusi Yunani. Dalam sejarah musik Yunani kuno, musik klephtic dikembangkan oleh Kleftes, yaitu pasukan yang bertarung melawan kerajaan Ottoman. Kemudian pada dasarnya, musik klephtic bersifat monophonic dan tidak menggunakan harmoni sama sekali.

Dalam sejarah musik Yunani kuno juga masih banyak musik di era Yunani yang sangat terkenal. Dapat disebut Palea Dhimotika yang dimainkan dengan Kleftiko, Nisiotika yang merupakan lagu rakyat dari pulau Aegean. Lagu yang sangat terkenal dari Nisitika adalah lagu Ikariotiko Traghoudhi atau lebih dikenal dengan nama lagu dari Ikaria. Kemudan ada juga musik dari Pulau Kreta yang masih termasuk dalam wilayah Yunani. Banyak para pemain Lyra yang berbakat dari pulau Kreta, seperti Nokos Xylouris, Antoniss Xylouris, Thanassis Skordalos dan juga Kostas Moundakis. Ada salah satu lagu yang terkenal dari Kreta adalah Tabachaniotika yang bisa dikatakan merupakan cikal bakal dari Rebetiko, musik dari café-aman yang merupakan musik gabungan antara musik Yunani dan musik Timur. Hal ini juga berdasarkan beberapa warga Kreta yang berasal dari kawasan Asia.

Sejarah musik Yunani kuno berlanjut ke alat-alat musik yang biasa dimainkan oleh masyarakat yunani, alat musik tersebut sangatlah menarik mulai dari alat musik perkusi sampai alat musik petik. Salah satu alat musik yang terkenal adalah Aulos yang terbuat dari dua buah alang-alang. Kemudian dalam sejarah musik Yunani kuno juga terdapat alat musik petik yang dinamakan Lyre. Tapi, ada juga jenis khusus dan spesial dari lyre yang dinamakan dengan Kithara. Kemudian alat-alat musik dari Yunani kuno ini dapat dikatakan sebagai cikal bakal dari alat-alat musik modern. Sebagai contohnya adalah Lyre ataupun Kithara yang dikatakan sebagai cikal bakal dari alat musik kecapi.

Sejarah Musik Yunani Kuno

Itu dia tadi sob, sedikit cerita tentang sejarah musik Yunani kuno. Kerajaan-kerajaan Yunani kuno memang mengalami perjalanan dan sejarah yang panjang, namun dari seni musiknya pun mempunyai hal yang sama baik dari sejarah dan perkembangannya yang mempengaruhi dunia musik di zaman sekarang. Semoga tulisan sejarah musik Yunani kuno ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca tulisan Sejarah musik Yunani kuno.

Reply