Sejarah Musik Renaissance

Sejarah Musik Renaissance

Sejarah Musik Renaissance, berbicara soal musik, musik memang sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Dalam sejarah musik, sejarah musik dibagi dalam beberapa tahapan. Dan kali ini sob, kita akan membahas tentang sejarah musik di era renaissance. Langsung disimak sob, sejarah musik renaissance.

Sejarah Musik Renaissance

Sejarah musik renaissance diawali dari musik era rennaissance merupakan musik diantara tahun 1400 sampai dengan tahun 1600. Musik di zaman ini dalam sejarah musik dapat dikatakan sangat lemah. Dalam sejarah musik renaissance, vocal range dalam musik meningkat tajam. Hal tersebut menimbulkan kontras yang cukup besar dalam dunia musik. Dalam sejarah musik renaissance juga karakteristik musiknya adalah modal yang merupakan lawan dari tonal. Dan di akhir jaman renaissance, modal mulai tidak digunakan karena penggunaan root motions ke-5. Di akhir zaman renaissance juga modal berkembang menjadi tonal.

Dalam sejarah musik renaissance, jenis musik di zaman ini sangat bervariasi. Jenis-jenis musik yang cukup terkenal adalah mass, motet, madrigal spirituale dan juga laude. Selain itu ada musik sekuler yang memainkan lagu dari satu ataupun banyak suara seperti frottola, chanson dan madrigal. Jenis musik vokal sekuler merupakan madrigal, frottola, caccia, chanson, rondeau, begerette, virelai, musque mesuree, ballade, villancico, canzonetta, villanelle, vilotta dan lute song. Kemudian dalam sejarah musik renaissance, terdapat juga jenis musik lainnya seperti prelude, toccata, canzone, ricercar, basse dance, intabulation, pavane, allemande, galliard dan courante, dan ini membuat musik di zaman renaissance menjadi lebih meriah. Sejarah musik renaissance berlanjut, di akhir zaman ini juga terdapat banyak lagu opera seperti monody, intermedio dan juga madrigal comedy.

Dalam sejarah musik renaissance, instrumen yang digunakan di zaman ini juga sangat beraneka ragam dan beberapa alat musik mungkin masih dipakai hingga saat ini. Secara umum, alat musik di zaman renaissance dapat dibagi menjadi brass, strings, perkusi dan juga woodwind. Dalam sejarah musik renaissance, alat musik brass yang terkenal adalah slide trumpet, cornett, trumpett dan juga sackbut. Kemudian alat musik string yang terkenal adalah viol, lyre, irish harp dan juga hurdy. Lalu alat musik perkusi yang terkenal seperti tamborin dan jew’s harp. Sedangkan alat musik woodwind atau bisa disebut alat musik tiup dari kayu yang terkenal seperti shawm, read pipe, hornpipe, bagpipe, panpipe, transvarse flute dan juga recorder. Untuk recorder saat ini mungkin masih digunakan terutama dalam mata pelajaran kesenian di beberapa sekolahan.

Sejarah musik renaissance berlanjut, di zaman ini juga terdapat beberapa composer yang cukup ternama di Eropa. Di masa awal zaman renaissance, terdapat composer seperti Leonel Power, John Durstable, Giles Binchois dan juga Guillaume Dufay. Lalu di pertengahan zaman renaissance terdapat nama-nama seperti Pierre de La Rue, Antoine de Fevin, Antonius Divitis dan juga Cipriano de Rore. Di akhir zaman renaissance nama-nama composer yang cukup populer seperti Johaness de Fossa, William Byrd, Tomas Luis de Victoria, Philippe Rogier dan Carlo Gesualdo.

Dalam sejarah musik renaissance, musik di zaman ini memang memiliki kekuranagan dalam hal kuantitas, namun terlihat bagus dalam hal kualitas. Dalam sejarah musik renaissance juga terdapat ciri-ciri dan gambaran musik di era renaissance, seperti musik di zaman ini adalah musik yang berkembang di Eropa barat pada masa renaissance, zaman renaissance dalam bahasa Perancis dapat berarti “kelahiran kembali” yang bermulai dari abad ke-14 sampai ke-17, zaman ini merupakan berasal negara Italia di akhir abad pertengahan dan menyebar ke seluruh eropa, karakteristik dan texture musik yang utama di zaman ini adalah perkembangan dengan pesat dari musik poliphoi, kemudian sebuah lagu Choral secara tipikal mempunyai empat sampai enam suara dengan melodi yang sejajar, masing-masing suara mempunya tema yang sama muncul bergantian seperti musik Cannon. Musik di zaman renaissance juga lebih penuh dibandingkan musik di zamam abad pertengahan.

Sejarah Musik Renaissance

Itu dia tadi sob sedikit cerita tentang sejarah musik renaissance. Semoga tulisan sejarah musik renaisssance ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih untuk sobat semuanya karena telah membaca tulisan tentang sejarah musik renaissance.

Reply