Sejarah Musik Pop

Sejarah Musik Pop

Sejarah Musik Pop, bebicara soal musik pop, mungkin ini adalah salah satu jenis musik yang paling populer di indonesia namanya juga POP “populer”.  Tapi apa semuanya sudah tahu dari mana sebenarnya istilah pop itu sendiri? Dan bagaimana sejarah musik pop itu sendiri? Istilah pop pertama kali di cetuskan oleh pengamat seni rupa berkebangsaan inggris yang bernama Lawrence Alloway. Perkataan pop berasal dari gerakan seni rupa yang muncul sekitar tahun 1960-an di Amerika dan Inggris. Disana disebutkan pop dimaksudkan untuk mengendorkan pandangan-pandangan lama yang dianggap cocok dengan perkembangan zaman. Tokoh-tokoh pelukis yang mempelopori gerakan pop tersebut antara lain seperti Tom Wesselmann dan Roy Lichtenstein dari Amerika dan R.B Kitaj dari Inggris.
Gerakan yang berasal dari seni rupa itu pun kemudian lambat laun di hubung-hubungkan dengan perkataan populer yang sudah lama dipakai untuk mengartikan lagu-lagu hiburan, sehingga akhirnya orang mulai mengartikan sama antara pop dan populer. pengertian populer sebagai lagu hiburan berasal dari bahasa Eropa yang dimaksudkan sebagai nyanyian yang mudah hidup dan mudah di hafal oleh masyarakat.

Sejarah Musik Pop

Sejarah musik pop berlanjut ketika pesatnya penjualan musik populer berlangsung setelah jenis musik ini dipertunjukan melalui film-film produksi Amerika. Di Amerika puncak tertinggi penjualan musik populer baerlangsung di tahun 1955, saat itu musisi bernama Bill Haley memperkenalkan Rock ‘n Roll dalam film “Around The Clock”. Namun, film ini dilarang di Indonesia karena dianggap dapat meracuni kaum muda dan tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia.

Pengertian POP

Sejarah musik pop berlanjut,pengertian kata populer dalam musik juga berawal dari abad ke-17, dan ini dicetuskan oleh pastor berkebangsaan Perancis di Santo Domigo. Ia mengadakan penelitian khusus terhadap musik Negro-Amerika, dan menemukan irama Calenda sebagai titik awal musik pop untuk saat ini. Istilah musik populer sendiri dapat diartikan untuk segala jenis musik yang sedang berkembang. Dengan kemajuan media audio visual seperti musik entertainment di Amerika saat ini. Musik pop juga bisa diartikan dengan musik populer di amerika dan Inggris sejak tahun 1960-an yang kemudian menjadi proses sumber penyebarannya ke seluruh dunia. dan intinya gaya musik pop menjadi lebih ringan, melodis sederhana, mudah dicerna sehingga akhirnya menjadi merk komersial dipasar musik yang memuaskan masyarakat.

Legenda Musik Pop

Sejarah musik pop berlanjut ke legenda-legenda musik pop. Legenda musik pop mungkin digawangi oleh The Beatles, mereka menyimbolkan suatu pemberontakan terhadap kemapanan musikal. The Beatles berhasil meraih puncak jajaran tingkat musisi dunia. The Beatles juga menjadi idola hampi disetiap generasi dan kalangan. Selain The Beatles, legenda sejarah musik pop juga ada Rolling Stones dan ABBA yang menjadi musisi pop terkenal pada zamannya bahkan hingga sekarang. Pada tahun 1960-an, The Beatles dan musisi pop lainnya seperti Frankie Avalon, Bob Dylan, Marvin Gaye, dan yang lainnya mencipatakan musik pop yang mudah dicerna dengan mengabungkan unsur-unsur musik lainnya. Legenda dalam sejarah musik pop selanjutnya mungkin kita mengenal Michael Jackson yang juga dijuluki sebagai “The King of Pop” dan juga kemudian ada Madonna, keduanya menorehkan sejarah musik pop dunia di tahun 1980-an. Dalam perkembangan sejarah musik pop, musik pop juga kemudian di gabungkan dengan unsur lainnya seperti adanya unsur R&B, dan ini pun menghasilkan bintang pop R&B seperti Celine Dion, Mariah Carey, TLC dan lain-lain.

Jenis Musik POP

Sejarah musik pop berlanjut, terdapat banyak jenis musik yang populer di seluruh dunia yang juga dapat dikategorikan sebagai musik pop, seperti hip hop, R&B, reggae, rock dan yang lainnya. Ada juga salah satu campuran musik pop dengan punk yang disebut dengan Pop Punk, dan mungkin Blink 182 lah yang cukup populer dengan jenis musik ini.

Sejarah Musik Pop

Di Indonesia juga sejarah musik pop memiliki perjalanan yang panjang, dan mungkin akan kita bahas nanti di lain kesempatan. Dan itulah tadi sedikit cerita tentang sejarah musik pop, semoga tulisan sejarah musik pop ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca tulisan sejarah musik pop.

Reply