Sejarah Musik Metal

Sejarah Musik Metal

Sejarah Musik Metal, musik metal adalah salah satu jenis musik yang paling digemari di dunia, termasuk saya. Musik ini di identikan dengan permainan musik yang cepat dan keras. Bagi sebagian orang mungkin belum tahu darimana sejarah musik metal munculnya. Dan disini kita sekarang bakalan bahas sejarah musik metal. Oke di simak sob.

Sejarah Musik Metal

Sejarah musik metal tidak lepas dari pendahulunya yaitu rock dan blues, sejarah musik metal berawal dari Heavy Metal yang digagas oleh band hard rock tahun 60-an yaitu Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul Born To Be Wild terdapat lirik yang tertulis “I like smoke and lighting heavy metal thunder racin’ with the wind and the feelin’ that I’m under”. Namun istilah tersebut belum digunakan secara tepat sampai tahun 70-an, ketika Black Sabbath muncul dengan album mereka yang berjudul “Black Sabbath”. Band-band heavy metal yang cukup populer antara lain Led Zeppelin dan Deep Purple.

Sejarah musik metal berlanjut dengan munculnya New Wave Of British Heavy Metal atau sering juga disingkat dengan NWOBHM. Berbeda dengan heavy metal sebelumnya yang masih dipengaruhi oleh elemen musik blues yang kental. Kemudian Judas Priest mengembangkannya dengan menghilangkan unsur musik blues dan lebih mengandalakan distorsi, beat yang lebih cepat serrta harmoni. NWOBHM dipelopori oleh Motorhead yang menggabungkan Punk dan juga heavy metal. Band-band NWOBHM lainnya seperti Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head dan lain-lain.

Sejarah musik metal berlanjut ke awal 80-an, dimana heavy metal mulai bertabrakan dengan musik Pop. Hal ini pun mulai memunculkan genre baru yang disebut dengan Glam metal. Glam metal berhasil menerobos chart-chart papan atas, sehingga menyebabkan heavy metal lebih cepat tersebar ke seluruh dunia.

Sejarah musik metal kemudian berlanjut dengan lahirnya jenis musik Thrash Metal yang memainkan tempo lagu sangat cepat, diusung oleh gitaris yang memainkan gitar rhytm Downstroke. Band-band thrash metal seperti Metallica, Megadeth, Slayer dan Anthrax yang dijuluki Big Four Of Thrash. Band thrash metal lainnya ada Testament dari San Fransisco dan Exodus dari New Jersey. Kemudian ada Overkill dan Sepultura dari Brazil. Band thrash metal dari Eropa seperti Kreator dan Destruction yang keduanya berasal dari Jerman. Sejarah musik metal juga berkembang menjadi Speed Metal yang dimainkan dengan tempo yang sangat cepat dan bertenaga, seperti Motorhead (akhir-akhir), Iron Angel dan Anthrax.

Di tahun 90-an sejarah musik metal berlanjut memasuki ke Extreme Metal seperti Grindcore yang dipelopori oleh Napam Death dan Brutal Tooth. Kemudian di tahun 1991 berkembang menjadi Death Metal yang dipelopori oleh Entombed, Dismember, Unleashed dan lain-lain. Kemudian ada istilah lain yang digunakan yaitu Technical Death Metal yang di pioniri oleh Cynic, Atheist dan lain-lain. Ada juga Progressive Metal yang dipelopori oleh Dream Theater, Queensryche dan Fates Warming.

Di pertengahan 80-an, sejarah musik metal juga muncul jenis musik Black Metal yang diprakarsai oleh band-band seperti Hellhammer, Celtic Frost dan Bathory. Di akhir 80-an black metal gelombang kedua muncul band-bandnya seperti Mayhem dan Burzum. Dalam sejarah musik metal ada juga jenis musik Power metal, dimana genre ini lebih bersemangat dan kebanyakan vocalis-vocalisnya dipengaruhi oleh Rob Halford dan Bruce Dickinson. Band-band yang membawakan jenis musik ini kebanyakan dari eropa seperti Europe, Helloween dan lain-lain.

Sejarah musik metal berlanjut dengan munculnya Doom Metal, aliran ini lebih mengutamakan penekanan lirik dengan tempo yang dibawah rata-rata subgenre extreme metal lainnya. Doom metal banyak terinspirasi oleh Black Sabbath era pertama. Band-band yang termasuk dalam jenis aliran ini seperti Saint Vitus, Obsessed dan Candle mass. Sejarah musik metal kemudian berlanjut dengan berkembangnya doom metal menjadi Gothic Metal. Awalnya adalah dari munculnya band-band Detah/Doom dari Inggris seperti My Dying Bride, Paradise Lost dan Anathema. Di masa kini Band-band Gothic Metal banyak mengandalkan harmoni antara vocal pria dan wanita, dan kadang-kadang di isi dengan vocal growl.

Sejarah musik metal kemudian berlanjut ke awal 90-an popularitas Glam metal mulai tenggelam akibat munculnya grunge di akhir 80-an. Munculah jenis Alternative metal yang menggabungkan Alternative Rock dengan Heavy Metal, band-band dari jenis musik ini seperti Faith No More, Primus, Rage Against The Machine dan jane’s Addiction. Ada juga jenis Industrial Metal yang di prakarsai oleh Ministry, Godflesh, Fear Factory dan Marylin Manson.
Industrial Metal juga tumbuh pesat di jerman, band-bandnya antara lain Rammstein, Oomph! dan Megaherz yang meraih kepopuleran di daratan Eropa. Sejarah musik metal kemudian berlanjut dengan munculnya Punk Metal atau Crossover Thrash yang merupakan pencampuran dari Hardcore Punk dan Thrash Metal, band-band yang mengusung jenis ini seperti Suicidal Tendecies, Stromtroopers Of Death, Corrosion Of Conformity dan Dirty Rotten Imbeciles. Di awal 90-an Thrash Metal juga berovolusi menjadi Groove Metal, dan digawangi oleh Pantera, White Zombie dan lain-lain.

Sejarah musik metal berlanjut memasuki era modern. Di era ini muncul beberapa jenis musik metal baru seperti, Nu Metal, Symphonyc Metal, Deathcore, Melodic Death Metal, Folk Metal dan ada juga Metalcore. Nu metal sendiri merupakan kata lain dari Aggro Rock, awalnya memang Aggro Rock. Namun, media mengganti nama Aggro Rock menjadi Nu Metal karena ingin menarik pasar. Nu metal di cetus kan oleh seorang produser bernama Ross Robinson yang bekerja sama dengan Korn dan Limpbizkit. Band-band nu metal lainnya seperti Slipknot, Deftones, Disturbed, POD dan lain-lain. Sejarah musik metal berlanjut ke Folk Metal, aliran ini adalah penggabungan dari musik Heavy Metal dan musik Folk atau musik daerah. Aliran Folk Metal digawangi oleh band-band seperti Korpiklaani, Skyclad, Ensiferum dan lain-lain. Kebanyakan musik folk metal berkembang di Skandinavia. Namun folk metal juga berkembang di timur tengah seperti Orphaned Land dan Melechesh.

Sejarah musik metal berlanjut ke aliran Melodic Death Metal. Band-band yang mengusung genre ini seperti In Flames, At The Gates, Dark Tranquillity, Arch Enemy dan Soilwork yang awalnya berkembang di Skandinavia. Selain di Skandinavia, Melodic Death Metal juga berkembang di regional lainnya seperti Children Of Bodom dari finlandia, The Black Dahlia Murder dari Amerika Serikat, Blood Stain Child dari Jepang dan lain-lain.

Sejarah musik metal berlanjut dengan munculnya musik Deathcore yang merupakan turunan dari Metalcore dengan ciri khas lirik Death Metal. Kebanyakan musisi Death Metal adalah orang Atheis, sedangkan Deathcore adalah orang-orang Agnostik. Deathcore pada awalnya dipelopori oleh Crytopsi dan sebagainya. Dan memasuki era 2000-an band-band Deathcore mulai bermunculan seperti The Red Chord, All Shall Perish, The Crimson Armada, Suicide Silence, Job For A Cowboy dan lain-lain. Deathcore sendiri cenderung bertempo lebih cepat hampir mirip aliran metal old school. Seperti yang dikatakan tadi Deathcore Merupakan turunan dari Metalcore. Metalcore sendiri bukan penggabungan dari Hardcore dan Metal. Namun, turunan dari genre Hardcore yang terinfluence dari genre metal. Berarti Metalcore bukan termasuk subgenre dari Metal.

Sejarah musik metal masuk ke dalam metal sebagai subculture. Musik metal bisa membuat orang merasa tangguh dan bahkan ada yang menjadikannya sebagai ideologi dan pandangan hidup (way of life). Musik metal memang mentranmisikan budaya melalui musik. Di awal kemunculannya, metal telah menjadi aliran musik yang cukup diperhitungkan. Musik metal juga dipandang sinis oleh banyak kalangan, karena suara agresif, elemen-elemen kegelapan yang ditonjolkan dan juga gaya berpakaian dari para musisi dan penggemar yang menjadikan masyarakat memandang musik metal sebagai subkultur yang tidak baik. Tapi hal tersebut tidak menghilangkan esistensi aliran musik ini sebagai aliran musik yang banyak di gandrungi oleh anak muda. Sejarah musik Metal sebagai subkultur memiliki nilai-nilai, kepercayaan, sikap dan gaya hidup dari kelompok minoritas penggemar musik metal.

Sejarah Musik Metal

Dan itulah tadi cerita tentang sejarah musik metal. Musik yang paling banyak digemari oleh anak muda ini memang memiliki perjalanan yang panjang. Semoga tulisan sejarah musik metal ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca tulisan sejarah musik metal.

Reply