Sejarah Musik K-pop

Sejarah Musik K-pop

Sejarah Musik K-pop, semuanya pasti sudah mengenal musik k-pop, pasti. Ini karena sekarang musik k-pop sedang mewabah di seluruh dunia, mungkin bisa disebut dengan istilah Korean Wave. Memang invasi besar-besaran dari grup-grup musik asal korea, terutama boyband ssama girlbandnya membuat kita mau tidak mau akan menyukai jenis musik K-pop. Tapi apa semuanya sudah tau bagaimana sejarah musik k-pop itu sendiri. Oke deh sob disini sekarang kita bakalan bahas tentang sejarah musik k-pop, disimak sob.

Sejarah Musik K-pop

Sejarah musik k-pop kita awali dengan musik k-pop sudah dikenal sejak tahun 1930-an. Disini k-pop muncul akibat masuknya musik pop jepang yang saat mendominasi sehingga mempengaruhi unsur-unsur awal musik pop di korea. Penjajahan Jepang atas Korea membuat genre musik di Korea tidak dapat berkembang dan hanya mengikuti perkembangan budaya musik pop jepang. di tahun 1950-an dan 1960-an, pengaruh musik pop barat mulai masuk dengan banyaknya pertunjukan musik yang diadakan oleh pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan. Musik pop korea pada awalnya terbagi menjadi genre yang berbeda-beda, pertama adalah genre musik Oldies dan musik ini dipengaruhi oleh musik barat dan populer di tahun 60-an. Di tahun 1970-an, musik rock mulai diperkenalkan dengan pionirnya adalah Cho Yong-pil. Jenis musik lain yang cukup digemari adalah musik Trot yang dipengaruhi gaya musik Enka dari Jepang. kemudian jadi kesatuan sejak kepopulerannya berkembang di tahun 2000-an.

Sejarah musik k-pop berlanjut saat profesor ahli sejarah yang bernama Kim Hong Seok menjelaskan bahwa musik K-pop sudah ada sejak era Dinasti Joseon berkuasa di Korea Selatan. Profesor Kim menemukan beberapa fakta dari data-data artefak sejarah yang menghubungkan musik K-pop dengan dinasti Joseon. Salah satunya adalah koreografi yang sering diperagakan oleh grup k-pop sudah diprediksi dalam catatan sejarah “Samgukji Wuiki Dongijeon”. Disana ditemukan beberapa kalimat yang menunjukan perkembangan musik era dinasti Joseon dimasa depan, diantaranya: Namyeo Gunchuigamu yang berarti laki-laki dan perempuan berkumpul untuk menikmati musik, kemudian Sujocksangeung yang berarti menggerakan lengan dan kaki beriringan, dan Dapjijeoang yang berarti gerakan berlari di tempat dengan kedua kaki.

Sejarah musik k-pop berlanjut ke era modern, di tahun 1992 grup k-pop laki-laki di jaman itu, Seo Taiji dan Boys mulai membuat lagu techno dan raprock dengan bahasa korea. Kemudian di tahun 1995 seorang yang bernama Lee Soo Man mendirikan SM Entertainment perusahaan rekaman ini cukup berhasil menghasilkan beberapa artis k-pop seperti Shinee, Super Junior dan SNSD, dari sini musik k-pop mulai populer. dari situ perusahaan rekaman lainnya pun tidak mau kalah, seperti halnya YG Entertainment yang melahirkan artis k-pop populer untuk saat ini seperti 2NE1, Big Bang, Lexy dan lain-lain, kemudian ada DSP Entertainment yang sekarang melahirkan KARA, SS501, dan ada juga JYP Entertainment, perusahaan ini melahirkan artis k-pop seperti 2AM,2PM dan lain-lain. Seiring semakin populernya musik k-pop, musisi-musisi k-pop pun mulai bekerja sama dengan artis-artis dari luar korea, salah satunya 2NE1 yang berkolaborasi dengan Will.I.Am salah satu pentolan Black Eyed Peas.

Sejarah Musik K-pop

Itu dia tadi sob sedikit cerita tentang sejarah musik k-pop, buat para penggemar musik k-pop sebaiknya mengetahui bagaimana perjalan sejarah musik k-pop. Semoga tulisan sejarah musik k-pop ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca tulisan sejarah musik k-pop.

Reply