Sejarah Musik Hip Hop

Sejarah Musik Hip Hop

Sejarah Musik Hip Hop, hip hop adalah salah satu jenis musik yang cukup populer, terutama di daratan Amerika sana. Bagaimana dengan Indonesia? Mungkin musik ini masih kalah bersaing dengan musik populer lainnya, namun di kalangan tertentu musik hip hop masih menjadi favorit. Musik hip hop biasanya berkaitan dengan Rap, Disk Jockie (DJ), Breakdance dan juga Grafity. Oke sob, sekarang kita akan bahas tentang sejarahg musik hip hop.

Sejarah Musik Hip Hop

Sejarah musik hip hop kita awali mulai dari asal kata hip hop itu sendiri. Ada pendapat bahwa kata Hip Hop sebenarnya berasal dari kosakata Afro-Amerika. Ada juga yang mengatakan hip hop merupakan sebutan lain dari Bebop. Dan ada Keith “Cowboy” Wiggins, salah satu anggora Grandmaster Flash and The Furious Five, kata hip hop terinspirasi saat ia bercanda dengan temannya yang baru bergabung dengan Angkatan Bersenjata. Bunyi hip hop merupakan tiruan bunyi hentakan kaki tentara. Kemudian di saat ia melakukan pementasan, ia menjadikan kata tersebut sebagai improvisasi saat melakukan Rapping. Hal ini juga kemudian di ikuti oleh para musisi lainnya, termasuk Afrika Bambaataa yang kemudian mempopulerkannya menjadi nama genre dari musik yang dibawakannya.

Sejarah musik hip hop berlanjut dimana kawasan di New York yang bernama 1520 Sedwick Avenue diklaim sebagai tempat awal lahirnya komunitas hip hop. Clive Campbell mengatakan “disinilah kami berasal, dia adalah seorang yang merelakan rumahnya dijadikan tempat berkumpul. Dia juga mengatakan, “kebudayaan hip hop berawal dan lahir disini, yang nantinya akan tersebar ke seluruh dunia, disinilah kami berasal karena memang kami tidak punya tempat lain untuk bertemu, bukan di temapat lain”. Selain nama itu juga, ada pula nama DJ Kool Herc, di tahun 1973 ia memperkenalkan turntable di sebuah pesta. Di awal penampilannya, DJ Kool Herc membawakan lagu-lagu dari James Brown, Jimmy Castor dan Babe rooth. Ia juga akhirnya menciptakan scratch dari bunyi-bunyian aneh yang menimbulkan sebuah sensasi yang luar biasa.

Sejarah musik hiphop berlanjut, saat Melle Mel menjadi MC pertama dalam dunia musik hip hop. Saat penampilannya yang pertama Melle Mel merasa bingung, apa yang harus diucapkannya. Namun, karena dirinya merasa bosan terlahap peraturan-peraturan pemerintah yang mengekang pada saat itu, akhirnya Melle Mel mengeluarkan rasa bencinya pada pemerintah dan juga pandangannya tentang kehidupan lewat lirik-liriknya. Dan mulai saat itu, musik hip hop lebih banyak menceritakan tentang kehidupan disekitar masyarakat kulit hitam dan teriakan-triakan protes hati mereka kepada pemerintah saat itu yang berlaku tidak adil. Lirik dalam musik hip hop cenderung keras dan tegas.

Kita berlanjut ke sejarah musik hip hop dimana hip hop sebagai kebudayaan diperjelas lagi di tahun 1983 oleh Black Spades yang merupakan anggota dari AfrikaBambaataa dan The Soulsonic Force lewat lagu yang berjudul “Planet Rock”. Lagu ini meruapakan musik hip hop yang menarik karena memiliki perpaduan antara rap yang sederhana dan irama musik disko yang diciptakan melalui drum electronic dan synthesizers. Di tahun 1985 barulah musik hip hop dipadukan dengan teknologi stereo, Run DMC, LL Cool J, The Fat Boys, Herbie Hancock, Soulsonic Force, Jazzy Jazz dan Stetsasonic mengeluarkan album-album andalannya dan menjadikan mereka sebagai legenda musik hip hop sampai saat ini.

Sejarah musik hip hop berlanjut saat hip hop memiliki kejayaannya masing-masing menurut eranya. Sejarah musik hip hop di era yang pertama adalah era Golden Age Hip Hop di tahun 1986-1992, masa keemasan di era ini dimulai saat Run DMC mengeluarkan album “Raising Hell” di tahun 1986, kemudian diakhiri dengan munculnya G-Funk di tahun 1992. Di era ini musisi dari East Coast yang bermarkas di New York lebih mendominasi. Label yang bernama Def Jam Records menjadi salah satu label East Coast yang independen pada saat itu. Sejarah musik hip hop di era yang kedua adalah era modern di tahun 1992-1998, disini muncul Ice T, NWA, Mobb Deep dan Tupac Shakur yang sukses menciptakan gangsta rap dengan irama musik yang masih gelap namun dengan beat-beat yang cukup kencang. Di tahun 1992, gangsat rap mulai menjadi sebuah musik yang sangat mainstream dengan munculnya Dr. Dre dengan The Chronic’s Album muncul dengan gaya baru yang disebut dengan G-Funk dan didominasi oleh musik 70’an. G-Funk pula lah yang akhirnya menjadi sebuah identitas musik West Coast Hip Hop pada saat itu. Sejarah musik hip hop di era yang ketiga adalah era Jiggy atau Bling-Bling di tahun 1998 sampai sekarang. Nama-nama seperti OutKast, No Limit dan Cash Money Records menjadi bagian di era ini. mereka yang mempopulerkan jenis mereka sehingga timbul istilah Jiggy atau Bling-bling. Musik di era ini dinamakan Neo Soul, yaitu campuran antara musik hip hop dan musik Soul.
Seperti hal musik-musik lainnya, musik hip hop juga memiliki subgenre. Disini sejarah musik hip hop akan membahas subgenre dari musik hip hop.

Yang pertama adalah Rapcore, ini dimulai saat Run DMC berkolaborasi dengan band Hard Rock Aerosmith di lagu “Walk This Way”. Kolaborasi ini cukup sukses dan menepatkan lagu ini di nomor satu rapsong hit dalam tangga lagu Billboard Hot 100. Selain Run DMC, di trahun 1987 Beastie Boys juga sukses dengan rapcore-nya dengan lagu “Licensed to lll” yang diproduseri oleh Def Jam Records. Di lagu ini Beastie Boys bekerja sama dengan Black Sabbath dan juga Led Zeppelin serta dibantu oleh Kerry King, gitaris dari Slayer. De La Soul’s juga merilis lagu rapcore “3 Feet High And Rising” di tahun yang sama. Di sekitar tahun 2000-an, Linkin Park juga merilis album dengan genre Rapcor/Raprock dengan judul “Hybrid Theory” dengan lagu andalan “In The End”.

Subgenre hip hop yang kedua adalah Electro, musik yang sedang populer saat ini, ternyata tidak banyak yang tahu bahwa merupakan bagian dari musik hip hop, Run DMC menjadi pionir dalam aliran musik ini. lagu yang berjudul “Planet Rock” dari Afrika Bambaataa menjadi target Run DMC untuk disisipi unsur musik Electro dan ternyata sukses di pasaran. Lagu lainnya adalah “It’s Like That”.

Subgenre hip hop yang ketiga adalah Miami Bass, musik jenis ini dipopulerkan oleh 2 Live Crew, JJ Fad, DJ Magic Mike dan DJ Laz. Musik jenis ini sangat berkarakter dengan irama bass yang kuat dan lirik yang sedikit menyinggung tentang seks.

Subgenre hip hop yang keempat adalah Hardcore Hip Hop, di tahun 1990-an, musik dari New York dan East Coast menjadi salah satu musik yang sangat keras dan gelap, sesuai dengan kehidupan yang terjadi disana. Musisi hip hop tahun 80-an akhir seperti EPMD dan Eric B serta Rakim menjadi salah satu pendiri dari musik dengan irama yang keras ini. selain nama-nama tersebut, Public Enemy beserta pasukannya The Bomb Squad juga tidak mau kalah untuk menyuarakan kreativitas mereka dengan nuansa kriminal di setiap lagu-lagu mereka. Wu-Tang Clan merilis album mereka di tahun 1993 yang diberi nama “Enter The Wu-Tang (36 Chambers)”, dan album tersebut merupakan sebuah gebrakan di tahun tersebut, terutama dalam genre musik Hardcore Hip Hop.

Subgenre musik hip hop yang kelima adalah Trip Hop yang merupakan genre musik yang terdiri dari downtown tempo elektronik yang berasal di tahun 1990-an di inggris, terutama daerah Bristol. Istilah ini pertama kali digunakan oleh media inggris dan pers sebagai cara untuk menggambarkan varian yang lebih eksperimental dari breakbeat yang berisi pengaruh jiwa, funk dan jazz. Seiring perkembangannya musik trip hop semakin penuh warna dengan kehadiran berbagai musisi jazz yang memasukan aroma hip hop ke dalam musiknya, atau bisa juga musisi hip hop yang memasukan unsur jazz ke dalam musiknya.

Sejarah Musik Hip Hop

Itu dia bsob sedikit cerita tentang sejarah musik hip hop, jadi buat para penggemar musik hip hop sebaiknya selain mendengarkan musik hip hop juga mengetahui sejarah musik hip hop itu sendiri. Semoga tulisan sejarah musik hip hop ini dapat bermanfaat untuk sobat semuanya, dan terima kasih telah membaca tulisan sejarah musik hip hop.

1 Reply

  1. Ratih Rock On The-beat Reply

    (Y)

Reply