Sejarah Musik Gambus

Sejarah Musik Gambus

Sejarah Musik Gambus, berbicara tentang musik gambus sob, orang Indonesia pasti mengetahui bahwa musik gambus adalah salah satu musik yang bercirikan dengan sifat rohani atau agama, khususnya agama Islam. Dan kali ini kita akan membahas tentang sejarah musik gambus sob, oke langsung disimak sob sejarah musik gambus.

Sejarah Musik Gambus

Sejarah musik gambus diawali dari gambus sendiri mempunyai beberapa macam arti di setiap daerahnya. Di kalangan masyarakat Jakarta dan Sumatera Selatan gambus dikenal dengan musik yang dihasilkan oleh orkes gambus. Kemudian di Jakarta, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Riau, Maluku, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan gambus juga dikenal sebagai alat musik petik yang berdawai. Lalu gambus juga dikenal sebagai sejenis tari-tarian rakyat dari daerah Bangka dan Sumatera Selatan yang dibawakan secara berkelompok dan berpasangan dengan instrumen pengiring terdiri dari sebuah gambus, dua buah gendang dan dua buah marakas.

Dalam sejarah musik gambus, menurut para ahli seperti Kurt Sachs, Hornbostel, Jaap Kuunst dan yang lainnya. Mereka mengadakan perbandingan dalam penelitian etnomusikologis yang meliputi wilayah Timur Tengah, India, Asia Tenggara termasuk Indonesia. Mereka berpendapat bahwa alat musik maupun musik gambus berasal dari wilayah Arabia. Dan tentang sejarah musik gambus ataupun alat musik gambus itu sendiri, masuk ke wilayah Indonesia bersamaan dengan masuknya pengaruh Islam ke daerah-daerah yang bersangkutan, dan ini yang membuat warna musik gambus bernafaskan agama Islam dengan syair berbahasa Arab. Kemudian dalam perkembangan sejarah musik gambus, musik gambus kemudian diperkaya dengan syair berbahasa Melayu dan India. Selain itu, musik gambus juga sering digabungkan dengan unsur-unsur lagu daerah dengan berbagai ragam variasi dalam jumlah alat musik yang cukup lengkap. Dan sampai saat ini, akhirnya kita bisa menemukan sebuah orkes kecil yang menggunakan alat musik gambus atau tiruan musik gambus dengan lagu dalam bahasa daerah di beberapa daerah.

Sejarah musik gambus berlanjut, meskipun akhirnya musik gambus memiliki berbagai macam variasi, namun itu semua tidak melupakan alat musik gambus itu sendiri dan juga tanpa menghilangkan warna nada Timur Tengahnya. Dalam perkembangan sejarah musik gambus, di Jakarta, dalam setiap penampilannya musik gambus juga menyertakan beberapa alat musik dari barat atau alat musik modern, seperti organ, gitar, biola dan yang lainnya. Dan perkembangan sejarah alat musik gambus di Sumatera Selatan, disini musik gambus memiliki khasnya tersendiri, baik dari penampilan ataupun iringan musiknya, alat musik pengiring musik gambus seperti biola, gendang, ketipung, dan lagu-lagunya berupa pantun dengan berbagai judul. Biasanya satu lagu terdiri dari enam bait, dengan penyanyi yang merangkap juga sebagai pemain musik dan juga pandai berpantun.

Dalam sejarah musik gambus, ada alat musik gambus yang berasal dari arab yang dimainkan dengan cara dipetik seperti alat musik gitar. Dan di daerah yang satu dengan yang lainnya bentuk alat musik gambus hampir sama, yaitu terbuat dari kayu, dan yang menjadi perbedaan adalah ukuran dan jumlah serta bahan dawai.

Dalam sejarah musik gambus terdapat nama Syech Albar yang berasal dari Surabaya, dan juga ada nama SM Alaydrus, keduanya merupakan musisi gambus yang terkenal di tahun 1940-an. SM Alaydrus berhasil mengembangkan orkes Harmonium di tahun 1950 menjadi orkes musik Melayu. Begitupun dengan Syech Albar yang mempertahankan tradisi musik gambus. Sejarah musik gambus berlanjut, di tahun 1940-an, musik gambus ataupun lagu-lagunya masih berortientasi ke Yaman Sealatan. Kemudian setelah bioskop Al Hambara di Sawah Besar banyak memutarkan film-film Mesir, musik gambus lebih berorientasi ke Mesir. Dari sana dalam sejarah musik gambus, musik gambus pun mulai mengisi siaran RRI, seperti orkes musik gambus Al-Wardah pimpinan Muchtar Lutfie dan juga orkes musik gambus Al-Wathan pimpinan Hasan Alaydrus.

Sejarah Musik Gambus

Itu dia tadi sob sedikit cerita tentang sejarah musik gambus, untuk saat ini mungkin kita bisa menemukan musik gambus dalam acara-acara keagamaan. Semoga tulisan sejarah musik gambus ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca tulisan sejarah musik gambus.

Reply