Sejarah Alat Musik Drum

Sejarah Alat Musik Drum

Sejarah Alat Musik Drum, setiap orang pasti mengenal jenis alat musik yang satu ini, memang alat musik drum adalah suatu alat musik yang dapat menarik perhatian. Bisa dilihat memang dalam suatu pertunjukan musik apabila seorang drumer memainkan drum dengan sangat baik maka akan jadi pusat perhatian sob. Tapi bagaima sebenarnya perkembangan dan sejarah alat musik drum tersebut? Oke deh sob sekarang kita akan bahas mengenai sejarah alat musik drum, disimak sob.

Sejarah Alat Musik Drum

Sejarah alat musik drum memang diawali saat manusia zaman peradaban awal, mereka memukul-mukuli benda yang terdapat di sekitar mereka untuk meluapkan rasa kegembiraan. Dan kemudian mereka sadar dan membuat alat musik pukul tersebut dari potongan batang kayu berongga yang ujungnya di tutup dengan kulit hewan. Lalu mereka pun menjadikan alat musik tersebut menjadi bagian untuk mengiringi pesta dan hiburan tari-tarian.

Sejarah Alat Musik Drum : Peradaban Mesir Kuno

Sejarah alat musik drum berlanjut ke peradaban Mesir kuno sekitar 4000 SM, disana ditemukan drum kayu yang terbuat dari kulit binatang, dan cara memainkannya pun dipukul dengan tongkat kayu yang ukuran bentuknya kurang lebih sama seperti stik drum zaman sekarang. Kemudian sejarah alat musik drum juga di temukan di Afrika dan Yunani di abad 2000 SM, kerangka drum yang ditemukan mempunyai kemiripan dengan bentuk drum yang ditemukan dalam peradaban Mesir. Kemudian di sekitar tahun 600-an Masehi, sejarah alat musik drum di Persia, dimana disana dibuat genderang pendek dari tanah liat. Lalu genderang tersebut dibuat dari kayu dan logam. Dari situ alat musik tersebut menyebar ke Afrika, Eropa dan Asia, dan digunakan sebagai alat musik pengiring perang. Di abad ke-13 masyarakat Eropa mengenal alat musik yang disebut dengan Timpani, alat musik tersebut terbuat dari tembaga yang berbentuk kettle sup, dan timpani pun bisa juga disebut dengan kettle drum. Dua abad kemudian kettle drum digunakan di Inggris sebagai alat penanda waktu dan aba-aba serangan untuk bidang ketentaraan.

Sejarah Alat Musik Drum : Eropa – Amerika

Sejarah alat musik drum berlanjut ke penjelejahan bangsa Eropa ke Amerika di tahun 1500 yang juga sekaligus memperkenalkan alat musik drum. Dan saat itu pengaruh drum dalam ketentaraan sangat luar biasa, hingga 1800 beberapa negara mulai memasukan alat msuik drum untuk tentara mereka. Drum band pertama dicetuskan oleh tentara rusia di tahun 1813, dimana saat itu mereka memainkan parade musik menggunakan alat musik drum.
Sejarah musik drum berlanjut ke pada pertama drum dan symbal memang dimainkan terpisah dalam militer ataupun musik orkestra, kemudian pada awalnya, drumer memainkan bass drum dan snare dengan tangan. Di tahun 1890-an beberapa pemain drum mulai berkesperimen untuk menggunakan footpedals dalam memainkan bas drum. Dan dalam sejarah alat musik drum, terdapat nama William Ludwig yang membuat sistem pedal bas drum yang dibuat di tahun 1909, dan ini merupakan jalan pembuka untuk alat musik drum modern.

Sejarah Alat Musik Drum Setelah Perang Dunia ke-1

Setelah perang dunia ke-1 juga dalam sejarah alat musik drum, alat musik drum semakin berkembang seperti di tahun 1926 munculnya Hi-hat. Dan di awal 1930-an para musisi menemukan trik baru dalam penempatan drum, kemudian mereka melakukan banyak latihan, dan dari sana satu pemain pun dapat memainkan satu set drum. Maka dari itu kelompok pemain drum tidak diperlukan lagi.

Sejarah Alat Musik Drum

Sejarah alat musik drum berlanjut perkembangan alat musik drum. Seperti Gembrengan dan Tom-tom yang berasal dari Cina mulai ditambahkan ke drum kit atau drum set. Dari situ kemudian ditambahkan lagi alat-alat musik lainnya. Di athun 1930-an, drum kit telah dibuat dalam berbagai bentuk. Kemudian dalam sejarah alat musik drum, di tahun 1960-an, perkembangan drum kit mulai melesat, dan ini berawal dari munculnya para pemain drum beraliran musik rock. Drum kit kembali ditambahkan, seperti tambahan tom-tom dan juga bass drum lainnya, atau double bass drum. Dan perkembangan sejarah alat musik drum di era modern juga melahirkan drum elektonik yang dapat menghasilkan berbagai jenis suara.

Dalam sejarah alat musik drum juga terdapat nama-nama drumer populer seperti, Billy Cobham, Carl Palmer, Nicko McBrain, Phill Collins, Stewart Copeland dan juga Neil Peart yang mungkin populer di tahun 1980-an. Dan untuk tahun 1990-an mungkin kita mengenal Mike Portnoy dan yang lainnya. Untuk di Indonesia sendiri mungkin kita mengenal nama Gilang Ramadhan yang merupakan drumer cukup populer di Indonesia.
Itu dia tadi sob sedikit cerita tentang sejarah alat musik drum. Ternyata alat musik ini memiliki sejarah alat musik drum yang cukup panjang, dan mungkin bahkan usia drum sama dengan uisa peradaban manusia. Semoga tulisan sejarah alat musik drum ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih telah membaca tulisan sejarah alat musik drum.

1 Reply

  1. xrismantos Reply

    wuihh lengkap banget drum set nya yg di gambar

Reply