Makanan Khas Buka Puasa

Makanan Khas Buka Puasa

Makanan Khas Buka Puasa

Berbuka adalah waktu yang di tunggu-tunggu oleh sobat semuanya setelah menjalankan ibadah puasa. Setelah kita menahan lapar, haus dan hawa nafsu selama 14 jam lebih kita membutuhkan asupan makanan yang bergizi saat berbuka puasa, baca juga ya kalo sobat gak kuat nahan puasa => Cara Menahan Lapar saat Puasa atau yang mau ngabuburit, cari tau tempat yang asyik buat ngabuburit. Di Indonesia banyak sekali makan khas yang di sajikan saat berbuka puasa bahkan di tiap daerah mempunyai jenis makanan yang berbeda-beda. Tapi pada umumnya mempunyai makanan khas yang sama yang di sajikan saat berbuka puasa.

Makanan Khas Buka Puasa

oke deh sob di sini kita bakal bahas makanan apa saja yang biasanya di sajikan saat waktu berbuka puasa. Mungkin bisa jadi referensi buat sobat semuanya untuk berbuka puasa nantinya.

1.KOLAK

kolak adalah sajian yang paling khas di Indonesia terutama saat berbuka puasa, kolak mempunyai berbagai macam variasi, mulai dari kolak pisang, kolak labu dan lain-lain. Kolak pas banget buat ngisi perut kita yang seharian menahan lapar dan hawa nafsu, kolak juga bisa di sajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin. Nah kalo kita menyantap kolak pisang manfaat yang kita dapat adalah mendapatkan kalium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh, kesehatan jantung dan lain-lain. Manfaat lain dari kolak pisang adalah mencegah tenggorokan kering dan susah menelan yang di akibatkan sobat semuanya berpuasa selama 14 jam lebih.

2.KURMA

memang makanan yang satu ini bukan makanan asli di Indonesia tapi sudah jadi tradisi kalo buka puasa kita semua pasti mengkonsumsi kurma, selain manis rasanya yang cocok untuk hidangan awal berbuka puasa kurma juga memiliki manfaat. Kurma mengandung gula dan air jadi kalo sobat semuanya makan buah kurma bakalan mudah di cerna, terus kurma juga mengandung kalium yang bermanfaat mengendalikan tekanan darah dan membantu kerja otot. Memakan kurma juga adalah sunah rasul, sewaktu berbuka nabi Muhammad pasti menyantap buah kurma.

3.ES BUAH/SOP BUAH

terkadang buka puasa juga sobat semuanya pasti ingin mencicipi makanan atau minuman yang dingin dan menyegarkan, sop buah biasanya ada dalam sajian hidangan berbuka. Sop buah sangat cocok untuk menyembuhkan dahaga kita selama 14jam lebih kita menahan rasa haus selain itu juga kita bisa mendapatkan banyak kandungan manfaat dari buah-buahan yang tercampur dalam es buah.

4.ES KELAPA MUDA

selain sop buah kalo sobat semuanya ingin merasakan minuman yang dingin es kelapa muda juga biasanya menjadi sajian dalam menu berbuka puasa. Selain dingin yang dapat menyembuhkan rasa haus kita, es kelapa muda juga mempunya manfaat. kelapa muda mengandung mineral kalium yang besar berfungsi mengeluarkan senyawa beracun. Selain itu kelapa muda juga mengandung vitamin c yang di perlukan untuk hidroksilasi protein dan lisin menjadi hidroksiprolin.

5.GORENGAN

emang sih jenis makanan yang satu ini di bandingkan manfaatnya banyak sekali kerugiannya, namun jangan salah gorengan biasanya juga sudah menjadi tradisi di Indonesia sebagai hidangan khas berbuka puasa. Karena bisa mengisi kekosongan perut kita sob. Ngomongin soal bahaya menyantap gorengan asalkan kita jangan sering-sering untuk memakan nya mungkin tubuh kita masih bisa aman-aman saja.

Makanan Khas Buka Puasa

Nah itu dia tadi makanan khas yang biasanya di sajikan saat berbuka puasa khususnya di Indonesia, di Negara lain mungkin banyak lagi jenis makanan yang lainnya. Semoga tulisan tadi bermanfaat khususnya buat sobat semuanya yang saat ini menjalan kan ibadah puasa dan nyari-nyari Makanan Khas Buka Puasa.

Reply