Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan

Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan

Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan, mari kita bahas ini sekarang. Rasa takut, pasti setiap orang mempunyai perasaan ini, banyak faktor orang bisa mengalami ketakutan, tapi ada satu perasaan takut yang berlebihan dan namanya adalah Fobia. Fobia sendiri adalah rasa takut yang berlebihan terhadap suatu hal atau benda juga bisa terhadap situasi atau fenomena tertentu yang bisa mengganggu mental kita, terkadang fobia juga sulit dimengerti dan tidak masuk akal. Baca Juga Artikel sebelum nya tentang Cara Menghilangkan Selulit, hhihi

Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan

Fobia bisa sebabkan oleh banyak hal, tapi mungkin orang mempunyai fobia bisa karena pernah yang namanya mengalami ketakutan hebat atau peristiwa traumatis di saat kita masih kecil atau sedang jaman-jamannya sekolah.
fobia sendiri mempunyai berbagai macam bahkan mencapai ratusan macam, tapi fobia bisa juga di bagi dalam tiga kategori

  1. fobia sederhana atau fobia khusus yang artinya ketakutan terhadap suatu objek,hal, atau kejadian tertentu bisa di ambil contohnya sesorang yang takut akan ketingggian, takut akan binatang, takut saat di tempat sepi, atau takut akan kegelapan.
  2. Fobia sosial atau bisa di artikan ketakutan seseorang yang menjadi pusat perhatian, biasanya orang yang mengalaminya suka diam di tempat yang sepi dan menyendiri
  3. fobia kompleks atau bisa di artikan ketakutan seseorang yang takut akan tempat ramai seperti di jalanan yang banyak suara bising dari kendaraan, biasanya orang yang menderita fobia ini takut kalo keluar rumah.

Apabila seseorang yang mempunyai fobia terus dia berada pada situasi yang membuat dirinya ketakutan bisa timbul beberapa gejala contohnya seperti di bawah ini :

  • jantungnya akan berdebar dengan kencang
  • akan sulit untuk mengatur nafas
  • dada akan terasa sakit
  • wajah memerah dan mengeluarkan keringat
  • merasakan sakit
  • gemetar
  • merasa pusing
  • mulut akan terasa kering
  • merasakan lemas dan bisa-bisa pingsan

Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan

Lalu apakah ada cara untuk mengatasi perasaan takut yang berlebihan atau fobia? Tentu saja ada orang yang mempunyai fobia bisa di atasi dengan beberapa cara,berikut:

1.TERAPI BICARA

jenis terapi ini biasanya akan efektif untuk menyembuhkan berbagai fobia. Dan terapi bicara yang biasa digunakan untuk mengatasi fobia adalah:

  • KONSELING : konselor akan mendengarkan masalah dari seseorang yang mempunyai fobia, dan setelah itu konselor pun akan memberikan berbagai cara untuk mengatasi fobia.
  • Psikoterapi : seorang psikoterapis akan menggunakan pendekatan secara lebih dalam terhadap orang yang mempunyai fobia lalu akan mencari penyebab kenapa orang itu mempunya fobia.
  • Terapi perilaku kognitif (cognitive behavioural therapy/CBT) : ini adalah suatu konseling yang akan menggali pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang untuk mengembangkan cara-cara efektif agar seseorang dapat melawan fobianya.

2.TERAPI PEMAPARAN DIRI

jenis terapi ini di lakukan bertahap selama periode waktu tertentu dengan melibatkan objek atau situasi yang membuatnya takut. Dengan perlahan seseorang akan merasa tidak takut lagi terhadap hal yang dia takuti.

3.MENGUNAKAN OBAT

mengunakan obat untuk mengatasi foboa sebenarnya tidak di anjurkan, karena biasanya dengan terapi bicara pun sudah cukup berhasil untuk mengatasi fobia, tapi obat juga digunakan untuk mengatasi efek dari fobia seperti rasa cemas yang berlebihan.
Dan obat yang di anjurkan untuk mengatasi perasaan cemas yang berlebihan adalah :

  • ANTI DEPRESAN, obat ini sering direkomendasikan untuk mengurangi rasa cemas, dan penggunanannya pun diizinklan untuk mengatasi fobia yang berhubungan dengan lingkungan sosial.
  • OBAT PENENANGbiasanya obat ini digunakan untuk mengatasi perasaan cemas yang parah, tapi dosis yang digunakan harus serendah mungkin dan penggunannya pun maksimal hanya 4 minggu saja di karenakan obat tersebut bisa menimbulkan efek ketergantungan.
  • BETA BLOCKERbiasanya obat ini digunakan untuk mengatasi masalah yang berhubungan dengan kardiovaskular, contohnya masalah jantung atau tekanan darah tingggi, tapi obat ini juga berfungsi untuk mengurangi rasa cemas yang disertai dengan detak jantung yang tak beraturan.

Itulah mungkin sekilas Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan yang bisa saya share hari ini, semoga membantu menghilangkan fobia sobat semua, terima kasih sudah membaca Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan

6 Replies

  1. suroyo Reply

    Betul itu artikel, tapi jika yang kita tangani lansia, yg sudah uzur, kiranya terapi apa yang lebih cocok karena jika diajak bicara sdh banyak lupa, prilakunya sulit dipahami, sdh pikun dan sering melakukan pengingkaran, ibu saya usia 74 tahun yang sering dikeluhkan berdebar, gelisah, napas terengah-engah dan kleyengan/pusing ringan, mohon saran dan advisnya. Terima kasih atas bantuan dan perhatiannya.

  2. Saifuddin idris Reply

    Saya saat ini berusia 40 tahun, ingin menanyakan tentang takut yg berlebihan, apakah penyakit ini juga bisa disebabkan krn faktornya keturunan ? Karena sy perhatikan ibu saya mengalami ini, kemudian adik laki laki dari ibu saya jg sudah menderita rasa takut yg tdk logis, dan sekarang sy juga sudah mulai merasakan gejalanya. Mohon pencerahannya

  3. Herwinda Budiastuti Reply

    Sip

Reply