Cara Membuat Lagu

CARA MEMBUAT LAGU

Cara Membuat Lagu, ngomongin soal lagu nih sob, bisa dikatakan lagu adalah sesuatu yang bisa menemani kita disaat kita sedang galau, senang, gembira, sakit perut, lapar dan yang lainnya. Dan beberapa sobat semua pasti punya pertanyaan seperti ini, “bagaimana sih proses terjadinya suatu lagu, dan bagaimana cara membuat lagu?”. Memang sob, cara membuat lagu berbeda dengan membuat bakwan atau membuat pesawat terbang,tapi menurut saya lebih gampang membuat nasi goreng. Oke deh sob, lupakan nasi goreng kembali ke topik utama yaitu cara membuat lagu. Tapi sepertinya sob, langsung aja deh kita kasih tau tentang cara membuat lagu, soalnya penulisnya mau bikinin lagu buat “Katty Perry” dulu, disimak sob.

Cara Membuat Lagu

1. Semangat

Cara membuat lagu yang pertama adalah kita harus punya semangat sob, jangan loyo. Kalau kita belum merasakan semangat untuk membuat lagu, kita bisa memancing semangat kita untuk keluar dari tempatnya, pertama bisa dengan cara dipanggil “semangat ayo dong keluar”, yang kedua bisa dengan cara mencari sesuatu yang bisa membangkitkan semangat seperti bermain bola atau pacaran. Tapi ingat sob artikel ini adalah artikel cara membuat lagu bukan cara membangkitkan semangat.

2. Mengingat hal yang menyedihkan atau menyenangkan

hal yang kedua cara membuat lagu adalah kita harus mengingat sesuatu yang menyenangkan atau menyedihkan, karena itu adalah inspirasi utama sob. Misalnya dalam hal menyenangkan, sebelum membuat lagu kita bisa mengingat hari-hari yang menyenangkan dalan hidup kita seperti saat diterima pacaran, punya pacar yang cantik atau ganteng, dapet undian 5 milyar atau berekreasi ke puncak gunung. Namun berbicara soal fakta sob, hal yang menyedihkan lah yang pasti membuat kita mendapatkan banyak inspirasi, terutama putus cinta atau di tolak cinta, nah sebelum sobat semuanya membuat lagu ingat-ingat dulu deh kejadian memalukan tersebut hal-hal tersebut, kalau belum merasakan sedih sobat semuanya bisa paksa pacar sobat semuanya untuk memutuskan hubungan, agar feelnya lebih dapet sob, ini serius sob. Kalo sobat semuanya sudah melakukan hal itu langsung deh tuangkan perasaan sobat semuanya dalam sebuah lagu ciptaan sobat sendiri.

3. Sediakan peralatan

cara membuat lagu yang ketiga jangan lupa kita harus menyediakan peralatan seperti buku, pulpen, piring dan gelas. Sobat semuanya pasti bingung kenapa dalam cara membuat lagu harus ada piring dan gelas. Itu semua penting sob karena disaat sedang membuat lagu kita kelaparan atau kehausan, kita bisa menaruh makanan atau minuman di piring dan gelas. Nah untuk buku dan pulpen dalam cara membuat lagu, digunakan untuk menulis sob (siapa bilang untuk mencangkul), jadi pas sobat semuanya dapet kata-kata yang indah, langsung ditulis deh di buku menggunakan pulpen. Tapi juga ada peralatan lainnya misalnya gitar sebagai alat musik. Gitar digunakan untuk pengiring sob. Nah kalo ga ada gitar sobat semuanya bisa gunakan panci atau peralatan dapur lainnya. Tapi kalo masih ga ada juga sobat semua bisa di iringi dengan menggunakan mulut sendiri.

4. Tentukan jenis musik

cara membuat lagu yang keempat, sobat semuanya harus tentukan, lagu ciptaan sobat semuanya jenis musiknya apa. Nah disini sobat semuanya harus ikuti kata hati sendiri. Tapi, sobat semuanya juga bisa berkeperimen dalam membuat lagu, misalnya menggabungkan unsur rock dengan melayu ditambah keroncong ditambah dengan reggae ditambah dengan cianjuran dan ditambah dengan jazz dengan sedikit sentuhan dangdut koplo. Kalau sobat semuanya mau melakukan hal itu, diyakini lagu sobat semuanya akan meledak seperti bom yang keluar dari dalam tubuh kita.

5. Publikasikan lagu tersebut

cara membuat lagu yang terakhir adalah kita harus berani mempublikasikan lagu kita ke semua orang, ini juga bisa menjadi bahan penilaian untuk kita sob, mungkin ibu atau ayah kita adalah orang pertama yang mendengarkan lagu, kemudian kita berikan ke teman-teman atau pacar kita. Kalau mereka tidak menyukai lagu sobat semuanya, sobat semuanya tinggal katakan ini “saya udah cape-cape buat lagu ini, sudah searching di internet, sudah mendaki gunung dan menjelajahi seluruh samudera, jadi kalian semua harus suka lagu saya, saya tidak mau tau!”.

Cara Membuat Lagu

Itu dia tadi sob, cara membuat lagu, gampang kan sob tidak sesusah yang ada dalam bayangan sobat semuanya. Nah semoga aja sob tulisan cara membuat lagu ini dapat menjadi tulisan yang bermanfaat untuk sobat semuanya dalam hal membuat lagu. Akhir kata saya ucapkan terima kasih karena telah membaca tulisan cara membuat lagu.

6 Replies

  1. Abed Saragih Reply

    Sebenarnya saya udah pernah membuat lagu Mas,tapi cuma dengan modal gitar saja.Tapi kemudian ada yang kurang yakni tambahan melodi untuk gitar 1 dan 2 serta Bas dan drumnya agar lengkap dan enak lagunya Mas didengar. :)

  2. Armadi Sebastian Reply

    makasih om

Reply