bagaimana cara membuat blog sendiri

Bagaimana Cara Membuat Blog Sendiri

bagaimana cara membuat blog sendiri adalah lanjutan dari artikel cara mencari kata kunci yang Tepat

bagaimana cara membuat blog sendiri

setelah memahami bagaimana cara mencari kata kunci yang tepat di artikel sebelumnya. buat tuh blognya!
sudah tau kan caranya ngbuat blog/website? kalo belum bisa, tanya mbah google aja deh,hhaha.. (kidding)
pokonya cara mendapatkan blog itu dibagi menjadi dua cara, ada cara yang gratisan dan cara yang berbayar. yang gratisan ya bisa di sebut numpang misalkan kita daftar buat blog tuh di blogger.com, nah ntar kita di kasih tuh yang namanya subdomain, subdomain tuh bagian dari sebuah nama domain induk jadi misalnya saya mendaftarkan blog dengan nama ipangrock hasilnya jadi ipangrock.blogspot.com nah ipangrock disana adalah subdomain dari blogger atau blogspot, masih banyak blog gratisan yang bisa kita manfaatkan seperti wordpress.comtumblr ,dll untuk indonesia blogdetik dan kawan-kawannya bisa juga jadi alternatif,hhehe gampang ko cuma butuh email doang.
untuk pendaftaran blog gratis tidak usah saya jelaskan ya, pasti sudah bisa semua kan? atau pada kesempatan berikutnya bakalan saya kasih tutornya, khusus buat yang masih bingung.

bagaimana cara membuat blog sendiri

ayo, bagaimana cara membuat blog sendiri? ada yang tau? tentunya yang berbayar ya? yang gak hanya sekedar sub domain.
untuk mempunyai blog berbayar kita wajib mempunyai dua aspek penting yaitu, domain dan hosting dan itu ga gratis,ibaratnya domain adalah nama atau alamat rumah dan hosting adalah tanah untuk membangun rumah itu sendiri, intinya membangun blog hampir sama dengan membangun rumah, begitulah gambaran dasar bagaimana cara membuat blog sendiri. ayo kita mulai bahas satu persatu tentang bagaimana cara membuat blog sendiri.

1. cara mendapatkan domain

untuk mendapatkan nama domain, sobat harus mendaftarkannya dulu lewat jasa domain register dengan investasi yang harus di bayarkan setiap tahunnya, biasanya saya pakai name.com perusahaan tersebut sudah sangat terpercaya. ada juga penyedia layanan domain gratisan seperti cc.co, tapi saran saya mending jangan pake yang gratisan karena sangat berpotensi kena banned sama mbah google. kalo gak punya paypal, perusahaan domain di indonesia udah banyak ko, bisa juga ke kuncihost harganya malah lebih murah dari domain beli di name.com, coba aja.
Untuk keperluan SEO, usahakan memilih domain dengan melibatkan keyword yang sudah Sobat tentukan sebelumnya, minimal pakai salah satu kata kunci utama, misalkan keyword sobat tentang sepatu, pakailah seperti domain tokosepatu.com. Meskipun faktor ini bukan merupakan keharusan, namun perannya dalam menentukan rangking di search engine masih sangat besar (katanya), cuma saya juga sudah merasakan ko khasiatnya.

2. cara memilih hosting yang tepat

Cara memilih hosting merupakan aspek terpenting dari bagaimana cara membuat blog sendiri, kenapa? seperti saya bilang tadi, hosting ibaratnya rumah, kalo rumahnya jelek blog sobat juga jadi …..?? hhehe. Tips awalnya, sebelum memilih hosting sobat mending tentukan dulu dah target pasar atau pengunjung buat blog sobat atau bahasa yang bakalan sobat gunain buat mengisi konten si blog tersebut, jika target pasarnya internasional lebih baik sobat pake hosting di server US biar kenceng ntar di akses nya, kalo target sobat sebunderan asia aja pake server singapura lebih bagus pake US juga mantap sih, tapi kalo target pengunjung sobat adalah lokal atau orang indonesia ya pake server indonesia aja biar pun bakalan lemot di akses sama orang luar negeri yang penting cepet, ngabreeettt kalo bahasa g4h03L nya kalo di akses di indonesia dan itu jadi salah satu kelebihan buat kedepannya.

dan untuk memilih hosting saya sarankan harus lebih hati-hati lagi demi menjaga kestabilan blog sobat kelak, sangat lah penting memilah milih web hosting yang tepat, salah memilih tidak saja bisa membuat kerugian, tetapi saat harus pindah hosting (ibarat pindah rumah) itupun akan sangat menghabiskan waktu, tenaga, dan tentu saja uang, saya sarankan pilihlah webhosting yang mempunyai reputasi yang bagus biasanya hosting luar sob. Hosting luar yang bagus berkualitas itu pasti mahal kan ya? jika kondisi sobat seperti saya, bingung memilih hosting yang cocok dengan kantong yang kering, blog baru dan target pasar sobat adalah pengunjung di indonesia. gak ada salahnya mencoba kualitas hosting lokal yang super murah seperti yang sedang saya pake, menyewa hosting lokal selama 3 bulan ga akan habis 50ribu ko sob, ga percaya klik link ini untuk mengecek harga-harga hosting dan domain murah tapi ga murahan. tips dari saya jangan pernah menggunakan hosting gratisan! kenapa? namanya juga gratisan pasti ada kurangnya aja, jika masih ngotot, nih cobain hosting gratisan milik indonesia mantap kapasitas space nya 2GB bandwidth nya 10GB monggo => HOSTING GRATIS

Bingung? pengen semuanya gratis buat sekedar percobaan? lanjut ke artikel ini => Cara Membuat Blog di Blogger

jika masih bingung mau pilih yang mana atau sobat belum punya budget buat bayar hosting yang terbilang cukup mahal itu, saya menerima jasa memindahkan domain ke hosting blogger. jadi tetap saja pakai domain sobat hanya saja dengan hosting gratis, kenapa blogger? karena blogger adalah satu-satunya yang bisa di andalkan untuk yang serba gratisan dengan fitur serba unlimited, dan karna blogger milik google pasti bagus juga buat SEO blog sobat.
sobat juga ga perlu ahli dalam segala bidang, jika sobat ngerasa gak ahli dalam ngebuat blog atau website dan mempercantiknya, mending di buatkan oleh yang ahli, jika sobat percaya saya ahli, mending sama saya aja (iklan), jika tertarik silahkan maen kesini => Jasa Pembuatan Website Murah dan Berkualitas

Tertarik buat bikin Web Toko Online? mampir kesini untuk wordpress, dan kesini untuk di blogspot.

nah setelah punya hosting dan domain yang sudah on, mulailah ke tahap selanjutnya yang tentunya lebih menyenangkan yaitu Tips Mempercantik Blog, pastinya setelah sobat memahami bagaimana cara membuat blog sendiri

34 Replies

  1. adetruna Reply

    mantaf kang, dengan informasi yang runut seperti ini bisa membuat pembaca tertarik untuk memiliki blog dengan domain sendiri (bukan subdomain lagi) dan saya dah merasa nyaman; memiliki blog dengan cara parking domain memakai blogspot * trims infonya :)

    • ipangrock Reply

      ok kang .. terimakasih udah mampir.
      semoga info nya bermanfaat untuk yang lain juga.. :D

    • Budianto Reply

      Ya setuju, lumayan detail bahasannya

  2. Wien Wina Reply

    BINGGUNG
    pgn bs bikin blog tp gk tau awalnya dr mn n rincianya gmn.

  3. Wien Wina Reply

    BINGGUNG
    pgn bs bikin blog tp gk tau awalnya dr mn n rincianya gmn.

  4. Dandyta Suhartini Reply

    bingung tapi tetap bersh untuk belajar cara bikin blok ,,,,,,,,,

    • Ireng Sugiarto Reply

      Menak nggawe Madu Mongso yoo mbak he he he met malem

    • Ani Sari Reply

      mbakyu.. kok sama,, aku juga binggung ki py to..

    • Dandyta Suhartini Reply

      tetap semangat yang sampai bisa bulan depan kelas udah masuk semua ,,,,,,,,,,,

  5. Ani Sari Reply

    belajar lagi,, bismillah…

  6. Sri Aminah Reply

    waduh2perlu belajar banyak nich sampe2 kepala cenut2 hehe.

  7. sutini Reply

    hidup adalah sebuah perjuangan bukan tujuan

  8. agus Reply

    thank gan ats infonya

  9. halim Reply

    Thanks infonya gan :)

  10. acan Reply

    thx gan infonya nih. mantaf

  11. ululf01 Reply

    Terimakasih gan tutorial di artikelnya

    pluss gambar jadi tambah maknyus

    moga bertambah ilmunya dan manfaat

  12. Rian Wijayanti Kurnia Reply

    kalau mau nulis di blog artikel yg warna beda warna biru itu kalau di klik bisa ke link lain itu caranya gimana ya?

  13. Max Manroe Reply

    Hosting gratis dari idhostinger bener-bener gratis ya mas? Jadi penasaran pengen nyoba, gratis selamanya atau gratis utk sementara saja ya xixixi… buat blog temen saya :)

  14. Moni Reply

    akhirnya saya bisa buat blog sendiri :)

  15. cheatgame4u Reply

    saya mau coba pakai hosting gratisan dulu, kalau sudah mantap baru berbayar :)

  16. benzena Reply

    ternyata ada juga penyedia gratis yang lumayan besar spacenya gan, saya blum mencobanya, terimakasih sharenya, salam sukses

Reply